Dukung AMIN, Petani Klaten Beri 7 Mandat pada Gus Imin

Rahmad Novandri | Minggu, 05/11/2023 19:50 WIB
Dukung AMIN, Petani Klaten Beri 7 Mandat pada Gus Imin Cawapres RI, Gus Imin, menerima mandat dari para petani Klaten, Minggu (5/11). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Muhaimin Iskandar mengunjungi para petani di Desa Prisen, Klaten, Jawa Tengah, Minggu, 5 November 2023. Sejumlah petani menyampaikan aspirasi dan keluhan terkait kondisi pertanian yang mereka alami serta saran untuk kemajuan pertanian di Tanah Air ke depannya. 

“Petani seperti kehilangan induknya, dulu bagus ada pembinaan sekarang. Jadi kami meminta diadakan Kembali pembinaan itu. Kedua terkait pupuk, hingga pembatasan pupuk. Ketiga, masalah air, Ketika musim kemarau, petani tidak bisa menanam. Untuk itu, dibutuhkan sumur tancap atau pun lainnya,” ungkap salah satu petani, Catur.

Menanggapi keluhan dari para petani, pria yang akrab disapa Gus Imin itu bertekad akan membawa perubahan disektor pertanian serta meningkatkan kesejahteraan para petani di Indonesia. 

"Maka solusi yang kita tawarkan adalah memproduksi pupuk, dan kita harus membeli produk pertanian, membuat lumbung pangan sehingga bisa menahan harga supaya tetap tinggi,” tuturnya. 

Pada kesempatan itu, para petani menitipkan Mandat kepada pasangan capres-cawapres, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). Mandat tersebut disampaikan langsung kepada Gus Imin usai menyampaikan aspirasi. 

Berikut isi mandat dari para petani Klaten: 

Kami Petani Klaten, Jawa Tengah memberi mandat kepada Anies Baswedan dan Gus Muhaimin Iskandar selaku pasangan Capres-Cawapres 2024. Untuk:

  1. Berkomitmen dan bersungguh-sungguh memperhatikan sektor pertanian sekaligus menyejahterakan para petani. 
  2. Menjamin hak petani atas lahan yang subur dan produktif.
  3. Membela kaum petani dengan memberi kepastian pembelian hasil panen dengan harga yang menguntungkan petani. 
  4. Menjaga tersedianya harga pupuk yang murah dan berkualitas dan gampang didapatkan.
  5. Memperbaiki infrastruktur pertanian, mulai dari irigasi, jalan-jalan pedesaan, infrastruktur lainnya yang menunjang pertanian. 
  6. Memastikan harga panen tetap terjaga, meminimalkan impor pangan, serta tersedianya bantuan permodalan murah bagi petani. 
  7. Petani Klaten memandatkan agar pasangan AMIN mampu menciptakan kemandirian pangan dengan mengutamakan hasil produksi petani sebagai sumber ketersediaan pangan nasional. 

Klaten, 5 November 2023