Redam Konflik di Timur Tengah, Pemerintah Perlu Lakukan Dialog Multilateral

M. Isa | Senin, 29/04/2024 10:43 WIB
Redam Konflik di Timur Tengah, Pemerintah Perlu Lakukan Dialog Multilateral Anggota Komisi I DPR RI, Ahmad Helmi Faisal Zaini (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi I DPR RI Helmy Faishal Zaini meminta pemerintah melakukan upaya untuk meredam konflik yang ada di Timur Tengah (Timteng), salah satu caranya melalui jalur diplomasi.

"Pemerintah perlu mengambil pendekatan diplomasi yang kuat dengan mempromosikan perdamaian dan menekankan pentingnya dialog multilateral,” kata Helmy Faishal Zaini dilansir dprri, Minggu, 28 April 2024.

Menurut Helmy, konflik Timteng tersebut harus diredam lantaran dampaknya sangat berpengaruh ke Indonesia, salah satunya dari segi perekonomian terutama soal perdagangan dan harga minyak dunia.

"Stabilitas perekonomian Indonesia bisa terganggu lantaran terjadi fluktuasi harga minyak dan gangguan dari segi perdagangan," ujarnya.

Bahkan, jika kondisi ini dibiarkan, Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu meyakini masyarakat akan merasakan dampak langsung lantaran tercekik harga kebutuhan pokok yang melambung.

"Dengan memperkuat kerja sama internasional, meningkatkan keamanan domestik, dan memperkuat resiliensi ekonomi, Indonesia dapat mengurangi dampak negatif dari konflik di Timur Tengah,” kata Helmy.


Berita Terkait :