Legislator PKB Tawarkan Rumah Aspirasi jadi RS Corona jika Dibutuhkan

Ahmad Zubaidi | Rabu, 25/03/2020 09:18 WIB
Legislator PKB Tawarkan Rumah Aspirasi jadi RS Corona jika Dibutuhkan Anggota Fraksi PKB DPR RI, Mohamad Toha (foto istimewa)

SURAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota DPR RI Fraksi PKB Mohamad Toha menawarkan rumah aspirasinya untuk menjadi rumah sakit darurat bagi pasien Corona Covid-19 di wilayah Sukoharjo, Surakarta, Boyolali, dan Klaten, Jawa Tengah.

"Bila RS di wilayah Solo Raya, yakni Surakarta, Klaten, Boyolali, dan Sukoharjo sudah tidak muat menampung pasien Corona, maka rumah aspirasi saya bisa dipakai semacam RS sementara. Silakan BPBD, dan pemerintah daerah setempat menggunakannnya," ujar Toha, dalam keterangan persnya, Surakarta, Selasa, 24 Maret 2020.

Menurut Toha, rumah aspirasinya yang berada di Jalan Diponegoro Nomor 2, Kertonatan, Kartosura, Sukaharjo, bila digunakan sebagai RS Darurat sedikitnya bisa memuatnya sekitar 30 pasien.

"Rumah aspirasi ini bisa dijadikan tempat isolasi dan penyembuhan darurat bagi pasien Corona," kata Toha, wakil rakyat dari daerah pemilihan Jawa Tengah V ini.

Anggota Komisi VI DPR ini pun mengimbau koleganya di DPR RI untuk menawarkan rumah aspirasi di masing-masing Dapilnya menjadi RS sementara bagi pasien Corona.

Toha juga mengajak elemen masyarakat lainnya untuk bahu membahu membantu pemerintah melawan virus Covid-19. Toha juga sangat mengapresiasi kinerja petugas tenaga kesehatan yang jadi tulang punggung keberhasilan menangani pasien Corona.

"Ketimbang anggota DPR dan keluarganya gratis rapid tes Corona, lebih berguna bila semua rumah aspirasi anggota DPR menjadi RS sementara," pungkas Toha.