Warga Borong Sembako di Supermarket Akibat Corona, PKB: Hentikan Panic Buying

Ahmad Zubaidi | Selasa, 03/03/2020 09:48 WIB
Warga Borong Sembako di Supermarket Akibat Corona, PKB: Hentikan Panic Buying Ketua DPP PKB, Lukmanul Khakim bersama warga di sebuah pasar tradisinal (foto istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua DPP PKB Bidang Perdagangan dan Perindustrian Lukmanul Khakim meminta masyarakat tidak panik pasca penetapan dua warga Depok, Jawa Barat, positif terinfeksi virus corona untuk pertama kalinya di Indonesia.

Dalam konteks ini, Lukman menyoroti aksi sejumlah warga di Jakarta yang ramai-ramai memborong berbagai kebutuhan pokok di pusat perbelanjaan Senin kemarin. Tindakan ini menurut Lukman tak perlu dilakukan dan masyarakat tidak perlu takut secara berlebihan.

Termasuk tidak melakukan panic buying dengan memborong berbagai kebutuhan pokok karena hal itu akan berdampak serius terhadap stabilitas harga kebutuhan pokok di pasar.

”Hentikan panic buying karena akan berakibat pada stok dan harga kebutuhan pokok di pasar menjadi tidak stabil. Dan ini justru akan menambah beban masalah yang dihadapi,” ujarnya di Jakarta, Selasa, 3 Maret 2020.

Lukman berharap masyarakat tetap melakukan aktivitas seperti biasa, namun tetap harus waspada. “Yang terpenting sekarang adalah membangun kesadaran bersama untuk melakukan upaya pencegahan. Seperti yang disampaikan pemerintah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta kontak langsung dengan orang yang terindikasi terjangkit virus Corona,” tandasnya.

Di sisi lain, pihaknya juga mengapresiasi langkah pemerintah yang dinilai sigap dalam merespons penyebaran virus corona di Indonesia. Langkah tersebut dinilai penting untuk menjaga situasi di masyarakat agar tetap kondusif.

”Saya rasa langkah pemerintah sudah bagus. Cepat memberikan edukasi dan upaya pencegahan terhadap virus Corona ini,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, aksi borong makanan dilakukan oleh warga Jakarta di sejumlah supermakerket dan minimarket. "Sejak tadi siang sudah banyak warga ke sini. Katanya setelah dengar Presiden Jokowi bilang ada positif corona," kata Fery, staf customer service Hypermart Bella Terra, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (2/3/2020).