Menteri Pertanian Ungkap Dua Strategi Capai Target Swasembada Pangan

Rahmad Novandri | Selasa, 22/10/2024 20:35 WIB
Menteri Pertanian Ungkap Dua Strategi Capai Target Swasembada Pangan Andi Amran Sulaiman (Menteri Pertanian RI). (Foto: tangkapan layar)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan, intensifikasi lahan ekstensifikasi menjadi strategi untuk mempercepat target Swasembada Pangan. 

"Programnya ada dua, intensifikasi dan ekstensifikasi," ujar Amran dilansir dari antaranews, Selasa.

Amran mengungkapkan, intensifikasi merupakan upaya meningkatkan indeks pertanaman (IP) atau rata-rata waktu tanam dan panen dalam kurun waktu satu tahun di lahan yang sama.

Adapun cara-cara yang digunakan antara lain melalui pompanisasi dan optimalisasi lahan (oplah).

"IP-nya satu menjadi dua, dua menjadi tiga, atau satu menjadi tiga. Jadi, yang tadinya satu kali tanam, bisa tiga kali tanam, itu intensifikasi," paparnya. 

Sementara, untuk ekstensifikasi salah satu caranya adalah dengan memperbanyak cetak sawah. Pemerintah telah menargetkan untuk bisa melakukan cetak sawah seluas 1 juta hektar dalam waktu satu tahun.

Program cetak sawah ini akan dilaksanakan di beberapa daerah seperti Merauke, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Aceh, Jambi dan daerah lainnya.

"Ekstensifikasi adalah kita cetak sawah 3 juta hektar, 1 juta hektar per tahun," tuturnya. 

Strategi tersebut diharapkan Amran dapat mencapai target swasembada pangan dalam waktu empat tahun.