Ungkap Tantangan Besar Bangun Indonesia, Presiden Prabowo Ajak Semua Elemen Bersatu

Rahmad Novandri | Senin, 21/10/2024 09:20 WIB
Ungkap Tantangan Besar Bangun Indonesia, Presiden Prabowo Ajak Semua Elemen Bersatu Prabowo Subianto (Presiden RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Prabowo Subianto resmi dilantik dan mengucapkan sumpah jabatan bersama Wakil Presiden (Wapres) RI, Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 di Gedung MPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10) pagi. Dalam pidato perdananya usai dilantik, Presiden Prabowo mengajak semua elemen bangsa untuk bersatu. 

"Di tengah cita-cita yang begitu besar, yang begitu kita idam-idamkan, kita perlu suasana kebersamaan, kita perlu suasana persatuan, kita perlu kolaborasi, kerja sama, bukan cekcok berkepanjangan," kata Prabowo. 

Presiden Ke-8 RI itu menjelaskan cita-cita besar bangsa Indonesia di antaranya adalah terkait dengan mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat serta menciptakan swasembada pangan dan energi.

"Cita-cita kita adalah melihat wong cilik iso gemuyu, wong cilik (rakyat kecil) bisa senyum, bisa ketawa," tukas Presiden. 

Dia juga menilai cita-cita besar itu dapat diwujudkan dengan kerja sama serta kolaborasi dari beragam pihak, mulai dari pemerintah hingga pengusaha dan pemuka agama.

"Hanya dengan persatuan dan kerja sama, kita akan mencapai cita-cita para leluruh kita, bangsa yang gemah ripah loh jinawi (kondisi masyarakat dan wilayah yang subur makmur), toto tentrem kerto raharjo (keadaan suatu wilayah yang tertib, tentram, sejahtera, serta berkecukupan segala sesuatunya)," ungkapnya.