Jadi Inspektur Upacara HSN 2024, Gus Imin: Peran Santri dan Ulama Telah Diakui Negara

M. Isa | Selasa, 22/10/2024 17:34 WIB
Jadi Inspektur Upacara HSN 2024, Gus Imin: Peran Santri dan Ulama Telah Diakui Negara Panglima Santri Muhaimin Iskandar menjadi Inspektur Upacara Hari Santri Nasional 2024 di Pesantren Mahasina Darul Quran Kota Bekasi (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Panglima Santri, Abdul Muhaimin Iskandar menghadiri sekaligus menjadi inspektur upacara Hari Santri Nasional (HSN) 2024 di Pondok Pesantren (Ponpes) Mahasina Darul Quran Wal Hadits, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 22 Oktober 2024.

Dalam amanatnya, Gus Imin-sapaan akrabnya mengatakan, Pondok Pesantren merupakan Lembaga Pendidikan dan lingkungan yang terbaik di Indonesia. Menurutnya, ada tiga hal yang harus disyukuri oleh para santri.

“Pertama, bersyukur kehadirat Allah, kita dilahirkan, dididik, dan dibesarkan di lingkungan Pesantren. Insyaallah lingkungan pesantren, lembaga pendidikan pesantren adalah lembaga dan lingkungan terbaik di seluruh Indonesia,” kata Gus Imin.

Kedua, imbuh Gus Imin, santri harus bersyukur bersyukur menjadi anak-anak ideologis, anak-anak biologis dari ahlusunnah  wali jamaah, “Insyaallah kita tidak akan pernah tersesat hidupnya Di dunia maupun akhirat,” tambahnya.

“Ketiga, kita bersyukur menjadi anak turun para pahlawan-pahlawan pendiri bangsa. Karena apa? Sebelum reformasi, para ulama, para kiai, para kakek kita semua berjuang mati-matian mengusir penjajah menyerahkan nyawa harta benda tapi tidak pernah diakui oleh negara,” sambung Gus Imin.

Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Masyarakat itu juga menyampaikan bahwa sejak reformasi peran para santri dan ulama telah diakui oleh negara. Salah satunya adalah melalui Hari Santri Nasional.

“Alhamdulillah, berkah reformasi dan berkah perjuangan kita semua akhirnya pejuang-pejuang, pahlawan-pahlawan kemerdekaan, khususnya para ulama, para kiai, para santri, diakui perjuangannya oleh negara melalui Hari Santri Nasional,” tukasnya.


Berita Terkait :