Luhut Binsar Pandjaitan Resmikan Bandara Dhoho Kediri Jatim

M. Isa | Jum'at, 18/10/2024 18:15 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan Resmikan Bandara Dhoho Kediri Jatim Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan Bandara Dhoho Kediri (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Kemaritiman dan Investasi), Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan Bandara Dhoho di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Jumat, 18 Oktober 2024.

Dalam sambutannya, Luhut menyampaikan bahwa Bandara Dhoho merupakan proyek percontohan pertama di tanah air dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) unsolicited, yakni pemrakarsa dan pendanaannya dari pihak swasta atau non APBN.

“Bandara Dhoho Kediri menjadi proyek percontohan pertama di Indonesia dengan skema KPBU unsolicited. Inisiatif proyek datang dari pihak swasta dan didukung oleh pemerintah,” ucap Luhut.

Menurut Luhut, peresmian Bandara Dhoho juga menjadi momen penting bagi pengembangan konektivitas dan ekonomi di selatan Pulau Jawa.

“Menurut saya bandara ini kualitasnya sangat bagus. Ke depan, orang akan lebih senang terbang ke Kediri daripada ke Surabaya,” ucapnya.

Sebagai informasi, PT Surya Dhoho Investama (SDhI), anak perusahaan PT Gudang Garam Tbk, yang telah membangun Bandara Dhoho dengan total investasi mencapai Rp 12 triliun.


Berita Terkait :