Politisi PKB Soroti Banyaknya Penyaluran Bansos Tidak Tepat Sasaran

M. Isa | Selasa, 16/07/2024 17:19 WIB
Politisi PKB Soroti Banyaknya Penyaluran Bansos Tidak Tepat Sasaran Marwan Dasopang (Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKB). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Marwan Dasopang, menyoroti banyaknya penyaluran bantuan sosial (bansos) yang belum tepat sasaran. Menurutnya, hal ini dikarenakan belum tuntasnya proses penyusunan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Masih banyak hal yang didiskusikan terutama penanganan masyarakat miskin, ada orang miskin tapi tidak dapat bantuan, ada orang kaya tapi dapat bantuan. Maka DTKS kita belum tuntas,” kata Marwan Dasopang di Kota Palembang, Senin, 15 Juli 2024.

Dengan begitu, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mendukung upaya percepatan dan perbaikan data yang dilakukan oleh Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Sosial (Kemensos).

“Kami ingin supaya ini bisa diselesaikan,” imbuhnya.

“Kami ingin mendorong Pemerintah mempercepat pengurangan masyarakat miskin. Yang pasti yang punya kemampuan untuk keluar (dari data kemiskinan), segera bisa dikeluarkan dengan intervensi satu, mengenai bantuan rumah, yang kedua bantuan permodalan karena anggaran sosial kita ini terlalu besar,” sambungnya.

Lebih lanjut, Marwan berharap penerima manfaat yang sudah tidak tergolong miskin dapat segera keluar dari DTKS. Hal itu agar penyaluran bantuan sosial dapat diberikan kepada kelompok masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Kalau begitu, sekarang kita menangani 10 juta keluarga yang disebut menerima PKH, ada 8 juta keluarga menerima BPNT bagaimana caranya? Paling tidak 1 juta dulu saja keluar dalam satu periode, supaya kita bisa memberikan peluang bagi masyarakat kita untuk segera selesai dari kemiskinan,” tukasnya.

TAG : PKB , DPR RI