Tiba di Kota Padang, Gus Imin Disambut Tari Pasambahan

Rahmad Novandri | Minggu, 03/12/2023 22:04 WIB
Tiba di Kota Padang, Gus Imin Disambut Tari Pasambahan Tari Pasambahan menyambut kedatangan Gus Imin di Kota Padang, Minggu (3/12). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar akan melanjutkan kegiatan kampanye di Ibukota Sumatera Barat (Sumbar), yaitu Kota Padang. Gus Imin, sapaan karibnya, akan melakukan sejumlah kegiatan di Padang.

Usai mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Gus Imin disambut langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah didampingi Kepala LKAAM Sumatera Barat, Fauzi Bahar. Sementara, Gus Imin didampingi Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid dan M. Hanif Dhakiri. 

Gus Imin dan rombongan langsung bertolak ke kantor DPW PKB Sumatera Barat untuk menghadiri agenda pertama, yakni doa bersama dan santunan yatim piatu. Kehadiran Gus Imin disambut langsung Ketua DPW PKB Sumbar, Firdaus. 

Sambutan diawali dengan penampilan 'Tari Pasambahan' di depan kantor DPW PKB Sumbar dan dilanjutkan dengan tradisi 'Makan Siriah' sebagai penghormatan untuk para tamu. 

Sebagaimana diketahui, Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam acara sambutan atau pembukaan suatu acara. Tari Pasambahan merupakan tari penghormatan dalam acara-acara di Minangkabau sebagai wujud rasa hormat terhadap tamu yang datang.

Selain itu, penampilan tarian ini untuk menunjukkan hati yang bersih dan niat tulus dari tuan rumah dalam menerima tamu. Kemudian, tamu akan disuguhi daun sirih dan carano sebagai permohonan doa restu dan supaya acara berjalan lancar.