Gus Imin Borong Ikan Saat Serap Aspirasi Nelayan Subang

Rahmad Novandri | Minggu, 26/11/2023 06:10 WIB
Gus Imin Borong Ikan Saat Serap Aspirasi Nelayan Subang Gus Imin saat mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan di Desa Mayangan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (25/11). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Sambutan meriah ditunjukkan oleh para nelayan di Tempat Pelelangan Ikan Mayangan, Subang, Jawa Barat saat kedatangan Cawapres Nomor Urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Imin, Sabtu, 25 November 2023.

Dalam kunjungan itu, Gus Imin nampak melihat langsung proses pelelangan ikan. Tak hanya itu, ia juga turut serta ikut lelang beragam ikan hasil tangkapan nelayan. Seperti cumi, kakap putih, hingga udang berukuran jumbo.

"Saya tadi ikut lelang dan alhamdulillah menang, mengalahkan ibu-ibu yang juga ikut lelang. Ini dapat cumi-cumu gede, ikan-ikan juga," kata Gus Imin sembari memamerkan beragam ikan yang ia beli.

Salah satu nelayan sekaligus juru lelang ikan, Agus mengaku senang desanya didatangi Gus Imin. Menurutnya kedatangan Gus Imin beserta sejumlah petinggi PKB serta Caleg adalah sebuah keberkahan.

"Saya mewakili masyarakat Mayangan tentu bangga Gus Imin dan Caleg PKB datang ke desa kami, desa terpencil ini," kata Agus. 

Gus Imin dalam kunjungannya menerima banyak aspirasi dari para nelayan. Para nelayan berharap persoalan mereka bisa jadi perhatian pemerintah.

"Tentu ini harus ada kemauan politik ya. Jumlah nelayan kita itu tidak banyak, kalau di sini aja paling dua desa dan secara nasional tidak sampai 4 juta orang, paling ya 1 atau 2 juta nelayan kita. Ini harus ada 'afirmasi action', ada langkah-langkah komprehensif," kata Gus Imin usai pertemuan dengan para nelayan Desa Mayangan.

Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra itu mengungkapkan bahwa kesulitan mendapatkan BBM bersubsidi hingga abrasi membuat mereka kesulitan untuk menangkap ikan di laut. Belum lagi, terang Gus Imin, aturan-aturan yang membatasi para nelayan, seperti zona tangkap ikan. 

"Jangan diganggu perlindungannya oleh aturan-aturan yang mengganggu mereka untuk produktif. Satu, subsidinya harus tepat sasaran yang betul-betul miskin dan butuh bantuan BBM harus menjadi utama, kedua yang nelayan besar harus diberi ruang untuk tambah besar, misalnua zonasi yang merepotkan dan banyak lagi belum lagi BBM nya," terang Gus Imin.

"Kedua, Abrasi. Abrasi seperti ini harus ada pembangunan infrastruktur, political will dari pemerintah pusat karena kabupaten sudah tidak mampu lagi. Makanya pemerintah pusat harus turun tangan dalam hal ini menteri kelautan, Menteri PU, sama menteri pertanian. Ini menjadi penting, jadi satu paket koordinasi penanganan desa-desa nelayan di Indonesia," tegas Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini. 

Turut mendampingi Gus Imin dalam kunjungannya ke Kabupaten Subang, yakni anggota DPR RI Fraksi PKB yang juga Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda, Wabendum DPP PKB Bambang Susanto dan tokoh masyarakat desa Mayangan.