Pasca Putusan FIFA, Gus Muhaimin Minta PSSI Jamin Eksistensi Sepakbola RI

M. Isa | Kamis, 30/03/2023 20:37 WIB
Pasca Putusan FIFA, Gus Muhaimin Minta PSSI Jamin Eksistensi Sepakbola RI Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin (foto: radarbangsa/Bang AL)

RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar meminta PSSI tidak lepas tangan akan nasib sepakbola Indonesia usai keputusan FIFA yang secara resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Menurutnya keputusan yang disampaikan FIFA melalui situs resminya, Rabu (29/3/2023) pasti menarik ketidakpastian masa depan sepakbola Indonesia, terutama di laga internasional, sekaligus karir pemain di masa mendatang.

"FIFA sudah mengetok palu (mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20). Ini pasti ada efek karambol bagi sepakbola kita, bagi pemain-pemain kita. Untuk itu saya minta PSSI tidak lepas tangan, PSSI harus menjamin sepakbola kita tetap eksis," katanya di Jakarta, Kamis (30/3/2023).

Di sisi lain pria yang akrab disapa Gus Muhaimin itu mengaku turut prihatin atas keputusan tersebut. Meski demikian ia meyakini ada hikmah di balik prahara berat bagi sepakbola nasional ini.

"Prihatin tentu saja, dan saya kira bukan saya saja, tapi semua masyarakat Indonesia. Tapi apapun keputusan FIFA ayo kita bangkit, kita harus optimis bahwa pasti ada hikmah yang bisa kita petik untuk masa depan sepakbola kita menjadi lebih baik lagi," tutur Gus Muhaimin.

Sebelumnya, FIFA mengumumkan keputusan terkait Piala Dunia U-20. FIFA menyatakan Indonesia batal menjadi tuan rumah. Dikutip dari situs resmi FIFA, Rabu (29/3/2023), keputusan itu diambil seusai rapat Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Ketua PSSI Erick Thohir.

"FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023," demikian keterangan di situs FIFA.

Tuan rumah yang baru akan diumumkan segera. FIFA memastikan jadwal Piala Dunia U-20 tidak berubah. "Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya," demikian pernyataan FIFA.


Berita Terkait :