Gubernur BI: Gernas PIP Sebagai Upaya Pengendalian Inflasi Pangan

M. Isa | Rabu, 10/08/2022 22:42 WIB
Gubernur BI: Gernas PIP Sebagai Upaya Pengendalian Inflasi Pangan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo (foto: bi)

RADARBANGSA.COM – Bank Indonesia melakukan Sinergi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (Gernas PIP) pada 10 Agustus 2022, di Kota Malang, Rabu, 10 Agustus 2022.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan, Gernas PIP menjadi langkah komitmen bersama untuk mengoptimalkan langkah-langkah pengendalian inflasi dari sisi suplai dan mendorong produksi guna mendukung ketahanan pangan secara integratif, masif, dan berdampak nasional.

“Saat ini Indonesia tengah dihadapkan pada berbagai tantangan seperti ketidakpastian ekonomi global dan risiko stagflasi,” kata Perry Warjiyo.

Perry juga mengajak semua pihak untuk menggelorakan semangat dan berjuang bersama dalam mengendalikan inflasi khususnya inflasi pangan. Sinergi dan langkah bersama yang dapat ditempuh ditujukan untuk mengendalikan inflasi pangan pada 2022.

“Hal ini karena inflasi pangan memiliki bobot yang cukup besar dari komposisi pengeluaran masyarakat, sehingga pengendalian inflasi akan memberikan dampak sosial yang besar untuk kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Untuk mengawali implementasi Gernas PIP dalam pengendalian inflasi, Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi dan TPID Provinsi di seluruh Jawa menyepakati perluasan Kerjasama Antar Daerah (KAD) di Jawa Timur melalui gelaran pasar serentak dan pencanangan gerakan Urban Farming 77.000 bibit cabai.

TAG : BI , Gernas PIP