Apresiasi Dukungan Percepatan Pembangunan Desa, Kemendes PDTT Gelar CSR-PDB Award 2024

M. Isa | Kamis, 02/05/2024 22:30 WIB
Apresiasi Dukungan Percepatan Pembangunan Desa, Kemendes PDTT Gelar CSR-PDB Award 2024 Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa (PEID) Kemendes PDTT, Harlina Sulistyorini (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bakal menggelar CSR dan PDB Awards 2024. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi Pemerintah terhadap perusahaan dan non government organization (NGO) yang mensukseskan pembangunan desa.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa (PEID) Kemendes PDTT, Harlina Sulistyorini mengatakan, Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan dan lembaga seperti NGO, serta perorangan atas jasa dalam membantu percepatan pembangunan desa melalui pelibatan dan pengembangan BUM Desa/BUM Desma maupun kegiatan CSR.

"Penghargaan yang ditujuan untuk mensosialisasikan dan mengintegrasikan program pemberdayaan masyarakat badan usaha dan lembaga lainnya, dan memotivasi mereka untuk terus melakukan kegiatan percepatan pembangunan desa melalui pengembangan BUM Desa/BUM Desma atau program CSR lainnya," kata Harlina di Jakarta, Kamis, 2 Mei 2024.

Harlina menjelaskan, rangkaian kegiatan untuk penghargaan ini dimulai dari sejak 29 September 2023 dengan peluncuran dan sosialisasi CSR & PDB Awards 2024, disusul dengan pendaftaran, pengumpulan dan verifikasi dokumen serta presentasi. Tahap selanjutnya rapat pleno dewan juri, dan kunjungan lapangan untuk kandidat peringkat gold.

“Puncaknya berupa penganugerahan yang dilaksanakan 7 Mei 2024 di The Westin Hotel Jakarta,” jelasnya.

Pada 2024 ini, lanjut Harlina, jumlah peserta baik yang berasal dari perusahaan, lembaga lainnya dan perorangan yang ikut meningkat. Dari sebelumnya hanya 60 kandidat peserta dan 54 yang lolos mendapatkan penghargaan, maka tahun ini bertambah menjadi 100 kandidat peserta dan 93 diantaranya lolos mendapatkan penghargaan.

“Perusahaan yang mendapatkan penghargaan pada tahun 2024 terdiri dari BUMN dan swasta dari berbagai sektor mulai dari perrtambangan, minyak dan gas, pembangkit listrik, industri dan manufaktur, telekomunikasi, perkebunan, perbankan, real Elestate, dan asuransi,” tukasnya.