Kemnaker: Kebutuhan Tenaga Kerja Kompeten Semakin Meningkat

M. Isa | Jum'at, 20/05/2022 19:42 WIB
Kemnaker: Kebutuhan Tenaga Kerja Kompeten Semakin Meningkat Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi mengatakan, kebutuhan tenaga kompeten pun akan terus meningkat. Hal ini untuk menghadapai dinamika industry yang dimungkinkan akan mengubah komposisi berbagai sektor lapangan kerja.

"Namun, pekerjaan yang bersifat rutin dan terprediksi akan rentan terhadap otomasi, seperti pekerjaan pengumpulan dan pemrosesan data," jelas Anwar Sanusi di Batam, Kepri, Kamis 19 Mei 2022 kemarin.

Sanusi menyampaikan bahwa  masyarakat yang telah mengenyam pendidikan menengah akan menghadapi perubahan terbesar dalam dunia kerja di tahun 2030.

“Peluang terbesar akan diperoleh mereka yang memiliki pendidikan tinggi. Ini memunculkan tantangan besar bagi sektor pendidikan di Indonesia," ucapnya.

Untuk itu, katanya, seluruh pemangku kepentingan perlu untuk bersiap menghadapi perubahan substansi yang berdampak pada masa depan pekerjaan,” Perusahaan harus mulai melakukan perencanaan dan transisi masa depan pekerjaan dengan program pembelajaran jangka panjang," tandasnya.