Rano Alfath Minta Polri Utamakan Kemanusian dalam Penegakan Hukum

M. Isa | Selasa, 08/06/2021 19:11 WIB
Rano Alfath Minta Polri Utamakan Kemanusian dalam Penegakan Hukum Anggota Komisi III DPR RI FPKB, Rano Alfath (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Anggota Komisi III DPR RI Rano Alfath menagih janji Kapolri Jenderal Listyo Sigit untuk mengedepankan kemanusiaan dalam penegakan hukum. Sebelumnya, Kapolri berjanji akan melakukan pendekatan humanis dalam menangani dalam kasus hukum. Janji ini termaktub dalam program Presisi.

"Saya berharap Pak Wakapolri, apa yang diharapkan Pak Kapolri bahwa Polri hari ini lebih humanis, ini sangat penting," kata Rano kepada Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono yang mewakili Kapolri dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 7 Juni 2021.

Rano mengungkapkan, hingga saat ini masih banyak masyarakat merasa ketakutan terhadap anggota Polri. "Karena memang di lapangan masih banyak anggota-anggota yang dianggap masyarakat itu, kalau laporan dan lain-lain itu malah takut masyarakat kalau laporan ke Polri. Mudah-mudahan ini bisa diperbaiki," ujar Rano.

Meskipun demikian, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan fraksinya mendukung tambahan anggaran Polri sebesar Rp28,584 triliun untuk tahun anggaran 2022. Menurut Rano, anggaran Polri seharusnya bertambah, bukan dikurangi lantaran beban kerjanya sangat tinggi. Salah satunya ialah terkait penanganan pandemi Covid-19.

"Ini luar biasa dan harus menjadi perhatian serius semua untuk ditambah anggarannya. Kami dari Fraksi PKB mendukung dan memperjuangkan agar anggaran Polri ini bertambah, bukan malah berkurang. Apalagi program Kapolri sekarang sudah sangat jelas. Banyak program berbasis teknologi," jelasnya.

TAG : PKB , Rano Alfath