Syaiful Bahri Anshori Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Lumajang

Rahmad Novandri | Senin, 19/04/2021 19:09 WIB
Syaiful Bahri Anshori Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Lumajang Anggota DPR RI dari Fraksi PKB, Syaiful Bahri Anshori menyalurkan bantuan untuk warga korban bencana gempa di Kabupaten Lumajang, Sabtu (17/4). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi I DPR RI, Syaiful Bahri Anshori meninjau dan menyalurkan bantuan untuk para korban bencana gempa di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu, 17 April 2021 lalu. Pada kesempatan itu, ia menyalurkan bantuan dalam rangka kegiatan Masa Reses ke-4 tahun 2021.

"Apa yang saya lakukan ini adalah kewajiban saya sebagai wakil rakyat bagi masyarakat di wilayah Lumajang," ujar Syaiful seperti dikutip dari dpr.go.id, Senin, 19 April 2021.

Legislator Fraksi PKB itu menyerahkan ratusan sembako kepada para korban bencana gempa, khususnya bagi warga yang rumahnya rusak akibat terjangan gempa. Namun, Syaiful menyampaikan bahwa apa yang dilakukannya memang tidak bisa menyelesaikan semua permasalahan.

"Tapi paling tidak bantuan ini bisa sedikit meringankan korban gempa kemarin," tuturnya.

Syaiful mengatakan, bantuan akan disalurkan melalui pasukan infantri dari Kodim 0821/Lumajang agar bisa segera didistribusikan kepada warga terdampak. Selain itu, wakil rakyat dapil Jawa Timur IV itu meminta Pemkab Lumajang untuk segera melakukan evakuasi pada warga yang tinggal di sekitar tebing karena wilayah tersebut rawan terjadi tanah longsor.

Di akhir kunjungannya, Syaiful berharap bantuan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera direalisasikan untuk memberikan bantuan khusus guna merehabilitasi bangunan dan fasilitas umum yang terdampak di wilayah tersebut.

Sementara itu, Dandim 0821/Lumajang, Letkol Inf Andi A. Wibowo selaku kepala koordinasi kebencanaan gempa bumi wilayah Lumajang, mengapresiasi bantuan Syaiful. Menurutnya, kebutuhan warga terdampak bencana sangat di butuhkan saat ini. Letkol Inf Andi menjelaskan alur distribusi bantuan yang akan di lakukan dalam membantu warga terdampak gempa bumi, mulai dari kawasan Kecamatan Tempursari, Pasirian, Pasrujambe Lumajang dan sejumlah kecamatan lain.