Menaker Ida Fauziyah Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi di BBPLK Serang

M. Isa | Kamis, 25/02/2021 18:17 WIB
Menaker Ida Fauziyah Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi di BBPLK Serang Menaker Ida Fauziyah meresmikan gedung serba guna Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker)Ida Fauziyah, membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) gelombang I Tahun 2021, sekaligus meresmikan gedung serba guna Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang di Kota Serang, Provinsi Banten, Kamis 25 Februari 2021.

Dalam sambutannya, Menaker Ida Fauziyah mengatakan, untuk memperkuat pelatihan vokasi sebagai program unggulan peningkatan kualitas SDM Indonesia, Kemnaker menjadikan program transformasi BLK sebagai salah satu lompatan besar yang dilaksanakan pada saat ini. 
 
"Arah kebijakannya adalah mengubah secara total  BLK sebagai Balai Pelatihan Vokasi yang menjadi pusat pengembangan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja yang berdaya saing di tingkat nasional dan internasional," kata Menaker Ida dalam keterangan persnya.
 
Menurut Menaker Ida, salah satu agendanya adalah redesain pelatihan untuk merespon tantangan Ketenagakerjaan lokal, nasional, dan Internasional. 

"Ke depannya akan terus dilakukan  penguatan SDM instruktur,  peningkatan kualitas dan kurikulum pelatihan, pengembangan kurikulum  dan  SKKNI  berbasis kebutuhan industri serta peningkatan pengakuan atas kompetensi lulusan," ujar Menaker di depan 100 peserta yang mewakili 368 peserta PBK.
 
Menaker Ida Fauziyah menyampaikan, pihaknya mendorong seluruh proses pelatihan di BLK memenuhi kebutuhan pasar kerja. Karenanya Kemnaker selalu bersinergi dengan dunia usaha dan dunia industri. 
 
"Dua kepentinganya yakni kesempatan magang dan penempatan sehingga pelatihan di sini tak melahirkan pengangguran baru karena mereka bisa dipastikan penempatannya di industri atau perusahaan," ungkapnya.