Jember Dikepung Banjir, Perempuan Bangsa Salurkan Bantuan

Ahmad Zubaidi | Minggu, 31/01/2021 16:39 WIB
Jember Dikepung Banjir, Perempuan Bangsa Salurkan Bantuan  Anggota Fraksi PKB DPRD Jatim, Umi Zahrok menyalurkan bantuan bagi warga terdampak banjir di Jember (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Banjir besar yang menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Jember, Jawa Timur pada Jumat malam, 29 Januari 2021 memantik solidaritas dari sejumlah kalangan, salah satunya dari DPP Perempuan Bangsa.

Pengurus DPP Perempuan Bangsa, Umi Zahrok menyerahkan bantuan bagi korban banjir di sejumlah titik di Jember. Menurut dia, bantuan tersebut disalurkan sebagai wujud kepedulian Perempuan Bangsa kepada sesama.

“Alhamdulillah, hari ini bertepatan dengan Harlah NU yang ke-95, DPP Perempuan Bangsa melaksanakan kerja kemanusian peduli banjir di Jember dan bencana alam di sejumlah daerah," kata Umi dalam keterangannya, Minggu, 31 Januari 2021.

Bantuan tersebut terdiri dari beras, selimut, masker, pampers, hingga pengurukan jalan menuju Musholla tempat anak-anak mengaji, tepatnya di Dusun Mandigu Desa Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten, Jember.

Tak hanya bantuan sembako, Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPRD Jawa Timur ini menyatakan, Perempuan Bangsa juga memfasilitasi Trauma Healing bagi anak-anak terdampak banjir.

“Setiap bencana akan ikut terdampak adalah Perempuan dan Anak-anak selain fisik/infrastuktur, oleh karenanya disertakan juga kegiatan Trauma Healing untuk anak-anak terdampak banjir yang dipandu oleh tim Trauma Healing Perempuan Bangsa Jember,” tutur Umi.

Ipung, salah satu peserta Trauma Healing berumur 5 tahun nampak begitu senang dengan kegiatan tersebut. dia begitu antusias saat mendapat pendampingan dari sejumlah kader Perempuan Bangsa.

“Tim Trauma Healing Perempuan Bangsa Jember memandu anak-anak dengan nyanyi bersama, tepuk tangan bersama, bersorak bersama dengan penuh kasih sayang dan kegembiraan,” Tambah Umi.

Selain Umi Zahrok, turut hadir dalam kesempatan itu anggota Fraksi PKB DPRD Jember, Mufid, sejumlah pengurus DPC Partai Kebangkitan Bangsa, serta kader Perempuan Bangsa Jember.

Sedikitnya ada tujuh kecamatan yang terkena bencana banjir akibat meluapnya sungai Bedadung di Jember. Mulai dari Kecamatan Jelbuk, Kalisat, Patrang, Sumbersari, Kaliwates, Pakusari serta Rambipuji. Bahkan, banjir ini tercatat paling parah dalam kurun 10 tahun terakhir.