Gus Halim Ajak Desa-desa di Kawasan Pertambangan Kembangkan Potensi Sektor Lain

M. Isa | Selasa, 30/04/2024 20:35 WIB
Gus Halim Ajak Desa-desa di Kawasan Pertambangan Kembangkan Potensi Sektor Lain Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengajak desa-desa yang ada di kawasan pertambangan untuk mereplikasi desa lain yang sudah berhasil tanpa bergantung pada sektor pertambangan.

Oleh karena itu, Gus Halim-sapaan akrabnya merekomendasikan Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk direplikasi sesuai potensi masing-masing desa.

“Desa di kawasan tambang itu banyak sekali di Indonesia, tapi tidak banyak yang mampu mengoptimalkan potensinya, mewujudkan kelestarian lingkungan seperti di Desa Namang ini,” kata Gus Halim.

Gus Halim berharap, semua desa di kawasan tambang di Indonesia memiliki satu model pengembangan pertanian yang arahnya berupa pelestarian lingkungan dan kesinambungan masa depan.

“Kita bisa meniru pola yang dikembangkan di Desa Namang ini. Ini desa di kawasan tambang, tapi tidak digunakan, tidak dieksplorasi. Justru sektor pertanian yang dieksplorasi, tapi sekarang dirasakan bahwa itu adalah kebijakan yang luar biasa,” ucapnya.