DPR Minta Pemerintah Pertimbangkan Kembali Penerapan PSBB di Sejumlah Daerah

Rahmad Novandri | Senin, 13/07/2020 21:55 WIB
DPR Minta Pemerintah Pertimbangkan Kembali Penerapan PSBB di Sejumlah Daerah Sufmi Dasco Ahmad (Wakil Ketua DPR RI 2019-2024). (Foto: screenshot dprgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta Pemerintah untuk mempertimbangkan kembali kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), apabila angka penyebaran virus Corona (Covid-19) terus meningkat. Hal itu disampaikan Dasco mengingat dalam beberapa hari terakhir kasus positif virus Corona di sejumlah wilayah Indonesia terus mengalami peningkatan cukup pesat.

“Salah satunya kemungkinan yang perlu dipertimbangkan kembali adalah pengetatan PSBB di sejumlah daerah yang tingkat penyebarannya tinggi,” kata Dasco di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Senin, 13 Juli 2020.

Menurut Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) itu, kebijakan Pemerintah harus dinamis seiring perkembangan penyebaran virus Covid-19. “Jadi, kita tidak bilang bahwa ada pemerintah daerah yang gagal, tetapi karena virusnya dinamis, ya kita harus juga dinamis mempersiapkan beberapa opsi protokol,” ucap politisi F-Gerindra itu.

Dasco mengungkapkan, selama virus Covid-19 belum ditemukan vaksinnya, maka penyebarannya juga harus disikapi dinamis. Apalagi potensi penyebaran di sejumlah wilayah Indonesia diprediksi masih cukup tinggi.

“Karena itu Pemerintah juga harus menyiapkan beberapa opsi protokol kesehatan, karena hampir di seluruh negara saat ini belum ada yang pasti bagaimana cara penanganan virus Covid-19 yang dinamis ini,” tandasnya.