Wow, Vladimir Putin Berpotensi Jadi Presiden Rusia Hingga 2036!

Ahmad Zubaidi | Sabtu, 04/07/2020 09:17 WIB
Wow, Vladimir Putin Berpotensi Jadi Presiden Rusia Hingga 2036! Presiden Rusia, Vladimir Putin (foto Twitter @KremlinRussia)

RADARBANGSA.COM - Sebanyak 78 persen total suara mendukung perubahan konstitusi dasar Rusia di mana salah satu pasal membahas tentang masa jabatan Presiden. Hasil tersebut membuat Vladimer Putin berpotensi memimpin Rusia hingga 2036.

Dikutip dari laman Antara, Sabtu, 4 Juli 2020, hanya lebih 21 persen suara yang menentang. Dengan hasil ini, rakyat Rusia membuka pintu bagi Putin untuk berkuasa lagi selama dua kali masa berkuasa 6 tahun setelah masa berkuasanya saat ini berakhir pada 2024.

Jika berjalan mulus, Putin yang saat ini berusia 67 tahun, akan memimpin Rusia hingga ia berusia 83 tahun.

Namun para pengritik mengatakan hasil pemungutan suara itu dipalsukan dalam skala besar-besaran. Politisi oposisi Alexei Navalny melalui video yang ditujukan untuk para pendukungnya mengatakan bahwa mereka tidak akan mengakui hasil tersebut.

Menurutnya, pemungutan suara itu merupakan pertunjukan yang tak sah dan liar yang dirancang untuk mengabsahkan kepresiden Putin sepanjang hayat.

Meski demikian, Navalny mengatakan oposisi tak akan memrotes sekarang karena pandemic corona tapi akan melakukannya dalam skala besar-besaran pada musim gugur jika para kandidatnya dihalangi ambil bagian dalam pemilu regional atau hasilnya dipalsukan.

Sementara itu, Ella Pamfilova, kepala Komisi Pemilu Pusat mengatakan pemungutan suara berlangsung transparan dan para petugas pemungutan suara melakukan segalanya untuk menjamin integritasnya.


Berita Terkait :