Ini Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh

Rahmad Novandri | Rabu, 30/10/2019 07:05 WIB
Ini Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh Buah Pir. (Foto: nakitaid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pir merupakan salah satu buah favorit banyak orang. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, manfaat buah pir sangat banyak untuk kesehatan.

Buah Pir banyak digemari karena mengandung banyak air yang menyegarkan. Buah ini juga pas sekali dikonsumsi saat cuaca sedang panas.

1. Tinggi nutrisi

Pir merupakan buah yang kaya akan kandungan nutrisi seperti protein, karbohidrat, serat, serta vitamin C dan K. Kandungan kalori yang rendah pada pir juga menjadikan buah ini cocok untuk dikonsumsi saat sedang diet.

Mengutip Healthline, pir juga mengandung provitamin A, niacin, dan folat yang penting untuk menjaga fungsi sel dan menghasilkan energi. Sementara provitamin A membantu kesehatan kulit dan penyembuhan luka.

2. Meningkatkan kesehatan usus

Pir merupakan sumber serat yang baik. Satu buah pir berukuran sedang mengandung sekitar 6 gram serat atau 22% kebutuhan serat harian Anda. Hal ini membuat buah pir sangat baik untuk membantu pencernaan.

Pir juga mengandung prebiotik yang mampu menjaga kesehatan usus, meredakan sembelit, dan meningkatkan sistem pencernaan secara keseluruhan.

3. Mengandung senyawa bermanfaat

Beda warna, maka berbeda pula kandungan senyawa yang terkandung dalam buah. Misalnya, senyawa anthocyanin yang memberi warna merah pada pir disebut dapat meningkatkan kesehatan jantung serta memperkuat pembuluh darah.

Selain itu, pir berkulit hijau juga diperkaya dengan kandungan lutein dan zeaxanthin. Dua senyawa ini diperlukan untuk menjaga penglihatan agar tetap tajam.

4. Kaya akan antioksidan

Mengutip Eating Well, vitamin C yang terkandung di dalamnya membuat manfaat buah pir kian beragam. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

Radikal bebas yang dibiarkan menumpuk di dalam tubuh bisa membawa dampak buruk. Mulai dari menimbulkan stres oksidatif, merusak sel, hingga memicu munculnya penyakit berbahaya.

5. Bersifat anti-inflamasi

Pir kaya akan flavonoid, yaitu antioksidan yang mampu membantu melawan peradangan dan menurunkan risiko beberapa penyakit seperti diabetes dan kanker.

Selain itu beberapa kandungan vitamin dan mineral yang ada pada pir juga disebut dapat membantu memerangi peradangan seperti tembaga, vitamin C, dan vitamin K.

6. Memberi efek anti-kanker

Pir mengandung berbagai macam senyawa yang menunjukkan sifat anti-kanker seperti kandungan antosianin dan asam sinamat. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2013, kandungan flavonoid pada buah pir juga dapat melawan kanker payudara dan ovarium.

7. Menurunkan risiko diabetes

Pir mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 berkat kandungan serat dan anthocyanin yang ada di dalamnya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh School of Pharmaceutical Science and Technology di Tianjin University, Cina, mencatat bahwa senyawa pada kulit pir termasuk anthocyanin, menunjukkan sifat anti-diabetes dan anti-inflamasi.

Kandungan serat larut pada pir juga berperan dalam mengatur kadar gula darah.

"Selain menjaga saluran pencernaan, serat juga membantu mengatur gula darah agar tetap seimbang," kata Maya F. Bach, ahli gizi diet melansir Well and Good.

8. Meningkatkan kesehatan jantung

Makanan kaya serat juga memberikan manfaat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi cukup serat dapat mengurangi tekanan darah dan kolesterol serta mengurangi risiko terserang penyakit jantung.

Kulit pir juga sarat akan zat antioksidan yang disebut quercetin, yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Quercetin dapat mengurangi peradangan dan faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah dan kolesterol.

9. Menurunkan berat badan

Pir merupakan buah yang rendah kalori, mengandung banyak air, serta kaya serat. Kombinasi ini membuat manfaat buah pir juga bisa digunakan sebagai camilan diet yang bisa membantu menurunkan berat badan.


Berita Terkait :