Menteri Pertanian Optimis Target Swasembada Pangan Tercapai dalam Empat Tahun

Rahmad Novandri | Kamis, 17/10/2024 15:55 WIB
Menteri Pertanian Optimis Target Swasembada Pangan Tercapai dalam Empat Tahun Andi Amran Sulaiman (Menteri Pertanian RI). (Foto: tangkapan layar)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman optimis target swasembada pangan dapat dicapai dalam waktu empat tahun pada pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto. 

"Kami yakin, kalau target beliau empat tahun, kami yakin, sangat yakin bahwa itu bisa dicapai. Kenapa? Dulu kita (pernah) swasembada, itu (selama) tiga tahun dan itu empat kali (panen dalam setahun)," ujar Mentan dilansir dari antaranews, Kamis, 17 Oktober 2024. 

Ia mengungkapkan, komoditas beras akan menjadi fokus utama dalam menyukseskan swasembada pangan. Selanjutnya, pihaknya akan fokus pada swasembada jagung.

Menurutnya, peningkatan produksi beras dan jagung tersebut harus dilakukan satu per satu agar target swasembada pangan bisa tercapai. "Kita satu-satu, selesaikan satu-satu. Yang paling penting adalah pangan. Pangan paling penting, paling utama beras, kalau itu tidak ada, bisa bermasalah negeri ini," ungkap Mentan.

Swasembada pangan menjadi salah satu misi dalam program Asta Cita Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Beberapa program kerja yang akan dilakukan, di antaranya melanjutkan dan menyempurnakan program kawasan sentra produksi pangan atau food estate secara berkelanjutan, terutama untuk komoditas padi, jagung, singkong, kedelai, dan tebu.

Ditargetkan minimal empat juta hektare tambahan luas panen tanaman pangan tercapai pada 2029.