BI Tetapkan Suku Bunga di 6 Persen

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 21/02/2024 19:24 WIB
BI Tetapkan Suku Bunga di 6 Persen Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) memutuskan mempertahankan tingkat Suku bunga BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7-DRRR) sebesar 6 persen. Sementara itu untuk suku bunga deposit facility juga tetap di level 5,25 persen. Begitu juga dengan suku bunga lending facility di level 6,75 persen.

"Keputusan mempertahankan BI rate ini tetap konsisten dengan fokus kebijakan moneter yang pro stability yaitu untuk penguatan stabilisasi nilai tukar rupiah serta langkah preempetif dan forword looking agar inflasi tetap terkendali dalam sasaran 2,5 plus minus 1 persen di tahun 2024," ujar Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam konferensi pers usai menjalani rangkaian Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 20-21 Februari 2024 di Jakarta, Rabu 21 Februari 2024.

Sementara itu kebijakan makroprudensial dan sistem pembayaran tetap pro growth untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Kemudian kebijakan makro prudensial tetap longgar akan tetap dilanjutkan untuk mendukung peningkatan kredit oleh perbankan kepada dunia usaha dan rumah tangga.

"Digitalisasi transaksi keuangan pusat dan daerah akan terus didorong untuk perluasan inklusi dan keuangan digital," lanjut Perry. 

BI menegaskan akan terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makro prudensial dan sistem pembayaran untuk menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasiona