PUPR Perbaiki 37 Jembatan Tua Jelang Libur Nataru

Rahmad Novandri | Jum'at, 15/12/2023 19:47 WIB
PUPR Perbaiki 37 Jembatan Tua Jelang Libur Nataru PUPR benahi 37 jembatan tua jenis callender hamilton (CH) jelang Nataru. (Foto: PUPR)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperbaiki sebanyak 37 jembatan tua jenis Callender Hamilton (CH) menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mendatang. Pembenahan tersebut dilakukan PUPR guna mencegah terhambatnya arus mudik saat Nataru.

"Jadi memang ada jembatan jenis CH yang tipikal usianya 30 tahun bahkan lebih, ini kemarin kita lakukan penggantian-penggantian," kata direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian dalam konferensi pers, Jumat, 15 Desember 2023.

Adapun jembatan tua yang diperbaiki tersebar di empat provinsi, yakni Banten, Jawa Barat, Jawa tengah dan Jawa timur. Pembenahan jembatan tersebut ditargetkan selesai paling lambat pada 19 Desember 2023 mendatang.

"(Di) Banten seperti Jembatan Cisadane, Jembatan Tawing. Memang waktu arus mudik kemarin cukup berpengaruh terhadap kelancaran tapi sejauh ini kita harapan kita targetkan bahwa jembatan-jembatan hamilton atau jembatan tua ini kita tuntaskan sebelum liburan nataru," terangnya.

Selain itu, Hedy juga menyampaikan bahwa pihaknya juga sudah memenuhi sejumlah jembatan putus dan terdampak longsor. Dua di antaranya adalah Jembatan Cikereteg yang terletak di Jalur Bogor-Sukabumi yang kini sudah berfungsi normal, serta longsor yang berada di pendekat Jembatan Cibalok, Bogor.

"Itu juga sudah kita tangani biar bisa berfungsi," ucapnya.