Sesuai Ekspektasi Pasar, BI Tahan Lagi Suku Bunga di Level 5,75%

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 26/07/2023 10:34 WIB
Sesuai Ekspektasi Pasar, BI Tahan Lagi Suku Bunga di Level 5,75% Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) kembali mempertahankan level Suku bunga BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7-DRRR) sebesar 5,75 persen, level yang bertahan sejak Januari lalu. Sementara itu untuk suku bunga deposit facility juga tetap di level 5 persen. Begitu juga dengan suku bunga lending facility di level 6,50 persen.

"Keputusan mempertahankan suku bunga ini konsisten dengan stand kebijakan moneter untuk memastikan inflasi tetap terkendali pada kisaran sasaran 3 persen plus minus 1 persen pada sisa tahun 2023 dan 2,5 persen plus minus 1 persen pada tahun 2024," kata Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam konferensi pers usai menjalani rangkaian Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 24-25 Juli 2023 di Jakarta, Selasa 25 Juli 2023.

Perry menyatakan bahwa BI akan terus memperkuat respons bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Untuk kebijakan moneter, lanjut Perry, BI akan terus diarahkan pada penguatan stabilitas nilai tukar rupiah untuk mengendalikan inflasi barang impor dan memitigasi dampak rambatan ketidakpastian pasar keuangan global.

"Sementara kebijakan insentif likuiditas dan makroprudensial akan diperkuat untuk mendorong kredit pembiayaan dengan fokus pada hilirisasi, perumahan, pariwisata dan pembiayaan inklusif dan hijau," sambungnya

TAG : BI , Suku Bunga ,