Bulog Ingin Beras Impor Segera Habis Terjual

Rahmad Novandri | Jum'at, 03/02/2023 21:55 WIB
Bulog Ingin Beras Impor Segera Habis Terjual Beras Impor di salah satu gudang Perum Bulog. (Foto: klikpositifcom)

RADARBANGSA.COM - Jelang panen raya pada bulan Maret 2023 mendatang, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi bersama Dirut Perum Bulog, Budi waseso melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Induk Beras Cipinang. Mereka ingin memastikan penyaluran beras operasi pasar menggunakan beras impor 500.000 ton hingga habis terjual.

"Karena sebentar lagi kita akan panen, bulan Maret itu panen raya, kita ingin Februari Maret ini beras kita yang 500 ribu ton habis terserap," kata Budi Waseso dikutip dari okezone.com, Jumat, 3 Februari 2023.

Buwas, sapaan akrab Budi Waseso, mengatakan bahwa penyaluran stok cadangan beras pemerintah (CBP) tersebut sengaja digenjot agar nantinya gudang Bulog kembali kosong dan siap menyerap hasil produksi petani lokal pada saat panen raya, selain juga untuk stabilisasi ketersediaan dan harga beras.

"Saya punya komitmen bahwa 2,4 juta ton yang nantinya menjadi CBP ini adalah dari produksi dalam negeri. Jadi itu untuk jaminan bagi petani bahwa produksinya akan diambil oleh Bulog," tukasnya.

Guna memenuhi kebutuhan beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Bulog juga akan menambah stok beras yang saat ini ada di Food Station dari 13 ribu ton menjadi 30 ribu ton.