BI: Waspadai Peredaran Uang Palsu di Ramadhan dan Idul Fitri

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 06/04/2022 10:11 WIB
BI: Waspadai Peredaran Uang Palsu di Ramadhan dan Idul Fitri Karyawan Bank Tunjukkan Uang Pecahan Rupiah Rp50.000 dan Rp100.000 (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) mengimbau agar masyarakat berhati - hati terhadap peredaran uang palsu, terutama selama momen Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Hakim mengatakan masyarakat harus teredukasi untuk memutus rantai peredaran uang palsu.

“Edukasi kepada masyarakat sebagai langkah preventif peredaran uang palsu di Indonesia," kata dalam taklimat media di Jakarta, Senin 4 April 2022.

BI lanjut Marlison, juga meningkatkan kualitas uang rupiah agar tak mudah dipalsukan.

“Kerja sama dengan berbagai instansi terkait seperti kepolisian, Badan Intelijen Nasional (BIN), dan lain-lain pun turut diperlukan,” sambung dia

Secara statistik ia mengungkapkan peredaran uang palsu di Tanah Air kian menurun dari tahun ke tahun, seiring dengan kesadaran masyarakat akan keaslian uang rupiah.

Hal tersebut dilihat dari indikator besaran uang palsu yang ditemukan dalam peredaran satu juta lembar uang rupiah.

Marlison menyebutkan pada tiga tahun lalu, rata-rata uang palsu yang ditemukan dalam satu juta lembar uang rupiah adalah sebanyak sembilan lembar.

Namun, angka tersebut menurun menjadi sebanyak lima lembar pada dua tahun lalu dan sebanyak empat lembar pada tahun lalu. 

Bahkan, lanjut dia, pada tahun ini hingga triwulan I hanya ditemukan satu lembar uang palsu dalam peredaran satu juta lembar uang rupiah.

"Dengan demikian trennya terus menurun karena upaya preventif dari kami maupun bekerja sama dengan pihak terkait," tegasnya.


Berita Terkait :