BI: Repo Solusi Efektif Dukung Pendalaman Pasar Uang

Anata Lu’luul Jannah | Selasa, 20/04/2021 08:19 WIB
BI: Repo Solusi Efektif Dukung Pendalaman Pasar Uang Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSA. COM - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti mengungkapkan bahwa repo merupakan fondasi bagi pengembangan pasar keuangan nasional.

Instrumen repo dinilai memiliki fitur kolateral dalam memenuhi kebutuhan dana jangka pendek. Oleh karenanya, Bank Indonesia berharap Perbankan mendukung pengembangan pasar Repo di Indonesia dengan berganti dari transaksi Non Collateralized (PUAB dan PUAS) ke transaksi repo.

“Kami juga berharap perbankan mampu memperluas cakupan pelaku transaksi repo hingga menjangkau pelaku non perbankan,” kata Desty dikutip dalam resmi BI, Selasa 20 April 2021.

Antara Bank Indonesia (BI) dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga aka bersinergi mendorong berkembangnya transaksi repo, baik konvensional maupun syariah dengan kolateral surat utang negara dan korporasi.

Beberapa yang dilakukan diantaranya adalah standardisasi transaksi repo, edukasi, dan mendorong pembentukan suku bunga repo yang kompetitif, serta pengembangan infrastruktur pasar keuangan.


Berita Terkait :