Pelaku IKM Perlu Sesuaikan Desain Produk di Era Kebiasaan Baru

Anata Lu’luul Jannah | Senin, 31/08/2020 08:54 WIB
Pelaku IKM Perlu Sesuaikan Desain Produk di Era Kebiasaan Baru Pengusaha Mikro (Doc: Pagar)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah menyarankan agar pelaku industri kecil menengah (IKM) lebih dapat memperhatikan desain produknya. Hal ini agar produk dapat sesuai dengan kondisi kebiasaan baru di era Covid-19.

“Dunia industri kini sedang menghadapi tantangan, termasuk pada pembuatan desain produknya. Oleh karena itu, desain produk perlu mengusung berbagai aspek, yakni sosial, ekonomi, lingkungan hingga kesehatan sekaligus mampu menciptakan produk yang ramah lingkungan,” kata Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih di Jakarta, dalam sebuah diskusi.

Ia menegaskan, selain mengedepankan fungsi pada umumnya, desain produk IKM mulai juga dituntut untuk bisa mendukung implementasi protokol kesehatan.

“Fungsi kemasan yang tidak hanya sebagai wadah atau pembungkus saja, tetapi juga diharapkan bisa menjaga keselamatan dan kesehatan konsumen sehingga menjadi salah satu faktor dalam meningkatkan daya tarik pembeli,” jelasnya.

Ia menyampaikan desain produk penting agar pelaku IKM dapat berinovasi dan berkreativitas dalam menciptakan desain-desain terbaru sehingga mampu bersaing di pasar global.

“Industri pengemasan saat ini tidak bisa dipisahkan dari dunia industri seiring dengan meningkatnya industrialisasi yang telah melangkah ke arah industri 4.0,” paparnya


Berita Terkait :