20 Negara Bakal Dapat Bebas Visa Kunjungan ke Indonesia, ini Tujuannya

Rahmad Novandri | Rabu, 20/12/2023 16:25 WIB
20 Negara Bakal Dapat Bebas Visa Kunjungan ke Indonesia, ini Tujuannya Sandiaga Uno (Menparekraf RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa pemerintah sedang mempertimbangkan untuk memberikan fasilitas bebas visa kunjungan ke Indonesia untuk 20 negara dalam rangka menarik wisatawan berkualitas.

Menurut Sandiaga, 20 negara di luar ASEAN tersebut dipilih berdasarkan dari banyaknya jumlah wisatawan yang masuk ke Indonesia hingga nilai transaksi selama berwisata di Tanah Air.

"Bebas visa kunjungan sangat menentukan kunjungan wisatawan di 2024. Kami konsisten bidik wisatawan berkualitas dan berkelanjutan," kata Sandiaga dikutip dari okeozone.com, Rabu, 20 Desember 2023.

Adapun 20 negara yang diusulkan dapat bebas visa kunjungan adalah Australia, Amerika Serikat, Inggris, China, India, Prancis, Jerman, Qatar, Korea Selatan, Uni Ermirat Arab, Arab Saudi, Spanyol, Belanda, Rusia, Taiwan, Selandia Baru, Italia, Jepang dan beberapa negara Timur Tengah lainnya.

"Ini masih dalam pembahasan dan pengusulan yang merupakan pengembangan dari rapat terbatas dan internal yang telah digelar oleh bapak Presiden (Jokowi) dan para menteri terkait minggu lalu," ujar Menparekraf.

Diungkapkannya, usulan tersebut merupakan upaya untuk mencapai target kunjungan 12,5 juta hingga 14 juta wisatawan mancanegara di Indonesia pada 2024. Namun, kata Sandi, langkah tersebut bukan hanya semata mengejar kuantitas wisatawan saja tapi ingin menciptakan destinasi wisata dengan wisatawan yang berkualitas di Indonesia.

"Kita tidak mengejar angka tapi kita sedang melakukan transformasi menuju green tourism di mana kita membidik negara-negara yang bisa memberikan dampak ekonomi terbesar," tuturnya.