Tips Atasi Takut Naik Pesawat, Penting untuk Pemula

Rahmad Novandri | Rabu, 06/12/2023 23:01 WIB
Tips Atasi Takut Naik Pesawat, Penting untuk Pemula Maskapai Garuda Indonesia (foto: tiket.com)

RADARBANGSA.COM - Naik pesawat harus memiliki keberanian. Bagi Anda yang baru mencoba menggunakan transportasi pesawat udara atau takut naik pesawat, tips ini bisa menjadi solusi mengatasinya.

Dirangkum dari detik.com, Rabu, 6 Desember 2023, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi takut terbang atau naik pesawat, antara lain:

1. Ketahui cara kerja pesawat

Nah, kamu bisa mencari tahu nih gimana cara kerja pesawat. Ketakutan biasanya muncul karena sesuatu hal yang tidak bisa kita kendalikan, bukan? Nah, dengan mencari tahu atau mengetahui bagaimana pesawat terbang dan hal-hal mekanis lainnya bisa menenangkan kamu.

2. Lawan rasa cemas

Memang tidak mudah mengatasi rasa takut, semua orang punya rasa takut kok. Namun, jangan mau dikekang erat oleh ketakutan yang sebenarnya hanyalah rasa cemas berlebihan saja.

Mungkin saat naik pesawat, kamu bisa memikirkan hal-hal yang membuat kamu senang atau mengalihkan perhatian kamu. Memang tidak akan nyaman, namun tetap harus kamu lawan.

3. Berdoa

Solusi terbaik untuk menenangkan jiwa yang cemas naik pesawat adalah dengan berdoa kepada Sang Pencipta. Kamu harus yakin, bahwa semuanya telah diatur dan berada dalam kuasa-Nya.

Jika timbul rasa takut yang hebat saat akan naik pesawat atau terbang, ingatlah Tuhan.

4. Meditasi

Sebelum naik pesawat, lakukanlah meditasi untuk menenangkan pikiran. Atur juga pernapasan, supaya otot mu yang tegang agak rileks sebelum terbang.

5. Pilih waktu terbang yang nyaman

Cara lain untuk mengatasi takut terbang adalah memilih waktu yang tepat untuk bepergian. Sesuaikanlah jadwal penerbangan dengan waktu istirahatmu. Jadi saat di pesawat, kamu bisa tertidur karena memang sudah waktunya istirahat.

6. Bicaralah dengan pramugari

Traveler bisa juga mengajak pramugari mengobrol dan utarakanlah jika kamu takut terbang. Biasanya pramugari akan menawarkan beragam makanan atau minuman yang bisa menenangkan kamu lho.


Berita Terkait :