Tahun 2023, Turis Asing Kunjungi Bali Diprediksi Tembus 4,5 Juta Orang

Rahmad Novandri | Kamis, 09/02/2023 21:06 WIB
Tahun 2023, Turis Asing Kunjungi Bali Diprediksi Tembus 4,5 Juta Orang Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (foto: angkasapura)

RADARBANGSA.COM - Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Indah Yustikarini mengatakan, target turis asing ke Bali mencapai 4,5 juta tahun 2023. Hal itu seiring dicabutnya kebijakan PPKM di Indonesia.

Tak hanya itu, dengan banyaknya maskapai rute pendaratan langusng ke Bali juga memudahkan turis asing untuk berlibur ke Bali. Sehingga, ungkapnya, target 4,5 juta kunjungan turis asing optimis bisa dicapai.

"Kita optimis di 2023 ini karena kondisi COVID-19 membaik, sehingga turis asing tidak takut lagi ke Bali, itu berefek dari penyediaan penerbangan langsung ke Bali," ujarnya seperti dikutip dari okezone.com, Kamis, 9 Februari 2023.

Disampaikannya, saat ini terdapat penerbangan langsung dari 14 negara, 21 kota, dan ada 29 maskapai yang terbang ke Bali. Sehingga hal tersebut menjadi katalis positif dalam pertumbuhan ekonomi Bali.

"Jadi kami cukup optimis juga dengan target yang dicanangkan oleh mas Menteri kita, bahwa akan ada 4,5 juta Wisman akan datang ke Indonesia," lanjutnya.

Selain itu, menurutnya, target wisatawan itu juga bakal berdampak pada sektor usaha lainnya. Paling dekat terciprat dampaknya adalah penyedia jasa akomodasi, makanan dan minuman, dan sektor pergudangan.

"Jadi secara umum tentu akan menjadi penggerak utama aktivitas Pariwisata ini, dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Bali," pungkasnya.