Google Larang Karyawannya Gunakan Zoom

Anata Lu’luul Jannah | Jum'at, 10/04/2020 15:30 WIB
Google Larang Karyawannya Gunakan Zoom Logo Perusahaan Zoom (Foto: Media Aceh)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Google dikabarkan melarangan karyawannya menggunakan Aplikasi Video Conference, Zoom. Alasannya adalah aplikasi tersebut tidak memenuhi standar keamanan perusahaan.

"Kami telah lama memiliki kebijakan untuk tidak mengizinkan karyawan menggunakan aplikasi yang tidak disetujui untuk pekerjaan yang berada di luar jaringan perusahaan kami," kata Jose Castaneda, juru bicara Google, dikutip dari BuzzFeed News.

Google juga akan memblokir aplikasi tersebut dalam minggu ini. Tidak hanya itu, perusahaan juga mengirim e-mail pada setiap karyawan yang masih memiliki aplikasi tersebut di perangkat komputernya untuk segera menghapus.

“Baru-baru ini, tim keamanan kami memberi tahu karyawan bahwa Zoom tidak akan lagi berjalan di komputer perusahaan karena tidak memenuhi standar keamanan kami untuk aplikasi yang digunakan oleh karyawan kami. Karyawan yang telah menggunakan Zoom untuk tetap berhubungan dengan keluarga dan teman dapat terus melakukannya melalui browser web atau melalui ponsel,” tambahnya.

Bagaimanapun juga, Zoom saat ini telah banyak digunakan di beberapa perusahaan untuk melakukan sebuah pertemuan jarak jauh. Kebijakan pemerintah di berbagai negara yang melarang penduduknya untuk bekerja dan melakukan pembatasan sosial memaksa masyarakat untuk menggunakan aplikasi video conference seperti zoom.

Selain google, beberapa instansi pemerintah seperti Nasa, Kementerian Luar Negeri Jerman, Departemen Pertahanan Australia bahkan Taiwan dan Jerman telah melarang penggunaannya.

 


Berita Terkait :