Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2023 dan Cetak Sejarah Medali Emas Terbanyak

Rahmad Novandri | Kamis, 08/06/2023 18:34 WIB
Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2023 dan Cetak Sejarah Medali Emas Terbanyak ASEAN Para Games 2023 Kamboja. (Foto: Murianewscom)

RADARBANGSA.COM - Kontingen Indonesia di ajang ASEAN Para Games 2023 berhasil mencetak sejarah sepanjang keikutsertaan Indonesia di kejuaraan tersebut. Hingga Kamis, 8 Juni 2023 pukul 15.30 WIB, wakil Indonesia sejauh ini telah mengoleksi total 132 medali emas.

Koleksi tersebut membawa Indonesia merebut juara umum ASEAN Para Games 2023. Selain 132 medali emas, kontingen Tanah Air turut membawa pulang 129 medali perak dan 79 medali perunggu.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengapresiasi kerja keras dan perjuangan para kontingen Indonesia di Kamboja. Dito yang turut hadir menyaksikan perjuangan para atlet Indonesia mengatakan bahwa Indonesia resmi menjadi juara umum serta memcetak sejarah perolehan medali emas terbanyak.

"Jadi Indonesia bisa kita pastikan per detik ini kita mendapatkan kembali predikat juara umum ASEAN Para Games. Dan yang paling penting perolehan medali emas kita adalah yang terbanyak sepanjang sejarah kita ikut ASEAN Para Games, di luar kita tuan rumah kemarin di Solo," kata Menteri Dito usai menyaksikan pertandingan final voli duduk di stadion Elephant Hall Morodok Techo Phnom Penh, Kamboja, Kamis, 8 Juni 2023.

Dito juga mengapresiasi pencapaian Indonesia hattrick juara umum ASEAN Para Games, atau menjadi juara umum sebanyak tiga kali berturut-turut sejak APG ke-10 di Malaysia, ke-11 di Indonesia, dan ke-12 di Kamboja. "Kita tiga kali juara berturut-turut, tapi yang paling penting perolehan medali emasnya yang terbanyak sepanjang sejarah kita," ujarnya.

Menpora juga mengucapkan terima kasih kepada para atlet disabilitas beserta tim ofisial Indonesia yang telah berjuang keras untuk meraih juara umum. "Untuk para atlet-atlet disabilitas, saya mewakili pemerintah mengucapkan banyak terima kasih atas seluruh perjuangan dan pengorbanan yang sudah kalian berikan kepada negara dan Merah Putih," tutur Dito.


Berita Terkait :