Respon Politisi Senayan Terkait Rencana Pemisahan Kemendikbud Ristek

M. Isa | Rabu, 16/10/2024 20:17 WIB
Respon Politisi Senayan Terkait Rencana Pemisahan Kemendikbud Ristek Kantor Kemendikbud Ristek (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota DPR RI, Abdul Fikri Faqih merespon positif terkait Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang nantinya bakal dipecah menjadi tiga kementerian pada era pemerintahan Prabowo Subianto.

"Memang sudah lama banyak kritik terhadap orientasi pengembangan pedidikan tinggi yang kurang fokus ketika diampu oleh kementerian yang juga sudah dibebani dengan pendidikan dasar dan menengah," kata Abdul Fikri Faqih dikutip laman dpr, Rabu, 16 Oktober 2024.

Melihat kondisi yang terjadi di Indonesia saat ini, lanjut Politisi Senayan ini, Indonesia merupakan negara yang sangat luas dan memiliki penduduk lebih dari 270 juta. Sehingga baginya, hal ini sangatlah tidak mudah. Selain itu, Ia mengatakan bahwa rangking perguruan tinggi Indonesia di dunia sangatlah rendah, jika dibandingkan dengan beberapa negara lain.

"Sehingga wajar bila ada inisiatif untuk memajukan pendidikan tinggi kita maka mesti ditangani oleh sebuah kementrian tersendiri," tukasnya.

"Mudah-mudahan dengan menjadi sebuah Kementrian tersendiri bisa mewujudkan apa yang diharapkan dari UU no 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan,” harapnya.