DPR RI Terima Pencalonan Muhammad Herindra sebagai Kepala BIN

Rahmad Novandri | Rabu, 16/10/2024 16:01 WIB
DPR RI Terima Pencalonan Muhammad Herindra sebagai Kepala BIN Muhammad Herindra menjadi calon tunggal sebagai Kepala BIN. (Foto: Tangkapan Layar)

RADARBANGSA.COM - Muhammad Herindra menjalani uji kelayakan dan kepatutan (Fit and Proper Test) sebagai calon tunggal Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) di DPR RI, Rabu, 16 Oktober 2024. Herindra diajukan sebagai calon tunggal oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menggantikan Budi Gunawan.

Ketua DPR RI, Puan Maharani menyatakan bahwa Herindra dinyatakan lolos dalam uji kelayakan dan kepatutan sebagai Kepala BIN. Hasil uji kelayakan dan kepatutan akan dibawa ke Paripurna DPR RI untuk ditetapkan.

"Hasil dari tim pertimbangan tersebut menyatakan Bapak Muhammad Herindra sebagai satu-satunya calon Kepala BIN dinyatakan kami terima untuk bisa dilantik pada waktunya oleh Presiden," kata Puan di Gedung DPR RI, Jakarta.

Sebelum dilantik oleh Presiden terpilih nantinya, Puan mengatakan bahwa Herindra akan disahkan sebagai calon tunggal kepala BIN yang lolos fit and proper test dalam Rapat Paripurna DPR pada Kamis (17/10) besok.

"Insya Allah paripurna untuk menyatakan terkait dengan kesiapan bahwa calon kepala BIN yang akan datang ini kita akan lakukan paripurnanya besok hari Kamis," tukasnya.