Pemerintah Tinjau Kesiapan Pertamina Surabaya Sambut Libur Idulfitri

M. Isa | Kamis, 04/04/2024 21:37 WIB
Pemerintah Tinjau Kesiapan Pertamina Surabaya Sambut Libur Idulfitri Seorang petugas saat mengisi BBM ke konsumen (foto: pertamina)

RADARBANGSA.COM - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif meninjau kesiapan Pertamina dalam menghadapi libur panjang hari raya Idulfitri 2024, di Surabaya pada Kamis, 4 April 2024.

Dari hasil kunjungannya, Arifin menyampaikan bahwa Pertamina telah siap menjamin pasokan BBM dan LPG selama periode mudik dan libur Lebaran. Dipastikan bahwa stok dan penyaluran dalam kondisi aman dan berjalan lancar.

“Secara umum, ketahanan stok BBM dalam kondisi bagus diatas 20 hari, pertalite 20 hari dan solar juga sama,” ujar Arifin.

Untuk memastikan kebutuhan BBM dan LPG masyarakat terpenuhi, Arifin menuturkan Kementerian ESDM melalui BPH Migas bersama Pertamina telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) yang telah dimulai pada tanggal 25 Maret - 21 April 2024.

Pada arus mudik Idulfitri tahun ini diperkirakan peningkatan konsumsi BBM sebesar 5% dari normal. Demi mengantisipasi hal tersebut Arifin menghimbau Pertamina untuk menyiapkan stok bahan bakar lebih banyak.

“Dengan belajar dari tahun-tahun sebelumnya, diharapkan mampu meredam (kebutuhan konsumsi BBM) pada kondisi puncak arus mudik pada tahun ini. Sehingga tim Satgas bisa memonitor stoknya, armada logistiknya, hingga Sumber Daya Manusia yang harus standby," ujar Arif.

Tidak hanya dari sisi kesiapan stok, Arifin juga turut memonitor kualitas produk Pertamina dengan melakukan pengujian Tera di SPBU Ngagel. Dari hasil pengujian diperoleh hasil kualitas yang baik.

“Dari pengukuran tera tadi akurasinya bagus sesuai dengan perlindungan konsumen” ungak Arifin.