H-6 Lebaran, Pemudik Motor via Ciwandan Masih Terpantau Landai

M. Isa | Kamis, 04/04/2024 21:27 WIB
H-6 Lebaran, Pemudik Motor via Ciwandan Masih Terpantau Landai Pemudik saat hendak memasuki pelabuhan Ciwandan (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Memasuki H-6 Lebaran, trafik pemudik motor yang akan menyeberang dari pulau Jawa ke Sumatera via Pelabuhan Ciwandan, terpantau masih mengalir landai, sementara trafik kendaraan truk logistik golongan VI dan VII cukup ramai dan terkendali.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin mengatakan berdasarkan pantauan data posko Merak per 24 jam (periode 4 April 2024 pukul 08.00 WIB hingga 5 April 2024 pukul 08.00 WIB) atau H-7, tercatat 2.435 kendaraan roda dua dan 1.211 kendaraan logistik telah diseberangkan menuju Bakauheni. Secara total realisasi produksi mencapai 3.646 unit kendaraan.

“Data produksi ASDP menunjukan trafik kendaraan yang dialihkan menuju Ciwandan yakni kendaraan roda dua atau golongan I, II, dan III hingga Kamis (4/4) siang masih landai. Sebaliknya, trafik kendaraan truk yang didominasi golongan VI dan VII, cukup ramai sejak kemarin namun terpantau ramai lancar hingga sore ini," tutur Shelvy dalam rilisnya, Kamis, 4 April 2024.

Menurut Shelvy, truk golongan VIB dan VII terpantau sudah mengalami kenaikan sejak pertama kali diberangkatkan Rabu dini hari kemarin menggunakan KMP Kumala pada pukul 01.30 WIB. Kondisi tersebut telah diprediksi sebelumnya, merujuk data dari jumlah pemesanan tiket ASDP hingga Kamis (4/4) pagi memperlihatkan bahwa reservasi tertinggi rute Ciwandan-Bakauheni jatuh pada pemberangkatan perdana dengan tingkat reservasi mencapai 82.49% dari total kuota yang disediakan. 

"Adapun saat ini jumlah reservasi tiket online sepeda motor dari H-7 hingga H-1 masih berada di angka 10.128 unit atau sebesar 26.9% dari total kuota yang tersedia," tukasnya.