Gus Imin Beri Solusi Pengembangan UMKM di Indonesia

M. Isa | Jum'at, 05/01/2024 22:10 WIB
Gus Imin Beri Solusi Pengembangan UMKM di Indonesia Gus Imin berbincang dengan pelaku UMKM di Sentra Kerajinan Kulit di Sukaregang, Garut, Jawa Barat, Jumat (5/1). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Dalam lawatannya ke Garut, Jawa Barat, Calon Wakil Presiden (Cawapres) Muhaimin Iskandar (Gus Imin) mengunjungi Sentra Kerajinan Kulit di Sukaregang, Garut, Jumat, 5 Januari 2024.

Gus Imin mendukung kemajuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini ia memberikan solusi untuk pengembangan UMKM ini. Pertama, masifkan promosi baik di dalam maupun luar negeri. 

“Yang kedua peningkatan mutu kualitas produk, ini harus didampingi dan diciptakan suatu standar kualitas karya kreatif yang level nasional maupun internasional,” kata Gus Imin.

Ketiga, lanjut Gus Imin, akses permodalan harus dipermudah sehingga UMKM ini bisa berkembang dan maju. Menurutnya, AMIN (Anies-Muhaimin) menang, telah disiapkan pendampingan khusus UMKM mulai dari peningkatan kualitas mutu, akses permodalan mudah hingga menyiapkan pasarnya.

“Nah 3 ini lah yang akan AMIN lakukan nanti pendampingan kualitas dan mutu daya saingnya yang kedua permodalan, yang ketiga pasar yang harus dibuka,” ungkapnya.

Menurut Gus Imin, pemerintah harus investasi di bidang promosi internasional. Seperti halnya Korea yang berinvestasi besar-besaran untuk mendukung kemajuan ekonomi warganya. 

“Kita bisa belajar dari Korea, Korea itu menang di promosinya,” tukasnya.