AMIN Menang, Gus Imin Siapkan Desain Pangan Nasional

M. Isa | Jum'at, 29/12/2023 19:27 WIB
AMIN Menang, Gus Imin Siapkan Desain Pangan Nasional Gus Imin berdialog dengan pedagang di Pasar Menganti, Gresik, Jawa Timur, Jumat (29/12). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Dalam lawatannya di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Calon Wakil Presiden (Cawapres), Muhaimin Iskandar atau Gus Imin meninjau harga bahan makanan pokok di Pasar Menganti, Gresik, Jumat, 29 Desember 2023.

“Secara umum barang-barang yang tersedia itu harus terus menyangga harga ini, peran Kementerian Perdagangan, peran Pemerintah Daerah untuk menjaga inflasi. Karena inflasi ini akan berdampak pada kemampuan daya beli yang menurun, berikutnya pedagang menjadi rugi dan akhirnya dampak pertumbuhan ekonominya juga akan terganggu,” kata Gus Imin.

Karena itu, lanjut Gus Imin, Pemerintah harus punya desain pangan nasional sehingga tidak ada lonjakan harga di lapangan, “Silahkan siaga untuk operasi pasar dan insyaallah kalau kita punya desain pangan nasional tidak akan ada lonjakan-lonjakan yang tidak pasti, semua sudah terencana,” ungkapnya.

“Kebutuhan pasar berapa, jumlah penduduk berapa, kebutuhan inflasi berapa, semua sebetulnya dibutuhkan pemerintahan yang punya desain pangan, pemerintahan yang punya rencana konkrit,” sambungnya.

Gus Imin menegaskan jika menang nanti, AMIN (Anies-Muhaimin) akan membuat desain pangan nasional sehingga harga-harga bahan makanan pokok stabil dan stok tidak kekurangan. Hal ini sudah masuk dalam visi misi AMIN.

“Nah, insyaallah AMIN nanti jika pertama memimpin akan membuat bagaimana desain pangan nasional ini sesuai dengan permintaan pasar dan suplai yang harus tersebar,” tukasnya.