Tingkatkan Produksi Petani, Presiden Jokowi Janji Tambah Subsidi Pupuk

Rahmad Novandri | Rabu, 13/12/2023 19:54 WIB
Tingkatkan Produksi Petani, Presiden Jokowi Janji Tambah Subsidi Pupuk Presiden Jokowi saat menanam padi di sela kunjungan kerja. (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan menambah subsidi pupuk untuk meningkatkan produksi pangan para petani. Presiden menyampaikan bahwa pemerintah akan terus melakukan pengawasan secara berkala mencegah terjadinya persoalan yang dikeluhkan para petani.

"Tadi disampaikan oleh Pak Menteri Pertanian, urusan pupuk, Pak Mentan tadi sudah menyanggupi pupuk 2024, 2023 akhir dan 2024 awal, beliau akan kontrol terus agar tidak ada masalah di lapangan. Subsidi pupuknya, subsidi pupuknya akan saya tambah, karena suplai pupuknya juga ada," kata Presiden dilansir dari okezone.com, Rabu, 13 Desember 2023.

Adapun terkait dengan angka subsidi pupuk, Presiden menyampaikan bahwa pemerintah masih akan menghitung angka tersebut terlebih dahulu. Presiden akan meminta Menteri Keuangan untuk menghitung kekurangan anggarannya.

"Nanti akan saya umumkan kalau saya sudah ketemu Menteri Keuangan, sebentar, semuanya itu dihitung, kurangnya berapa itu yang akan saya minta untuk diselesaikan oleh Menteri Keuangan. Pak Mentan ngitung dulu--memang prosedurnya seperti itu--minta persetujuan oleh DPR RI baru Menteri Keuangan bisa menambah," terangnya.

Selanjutnya, Kepala Negara menyebut bahwa ia memahami segala keluhan petani terkait permasalahan pupuk. Kepala Negara pun memastikan bahwa permasalahan pupuk akan menjadi fokus penyelesaian oleh pemerintah.

"Urusan pupuk, karena saya ini ngerti, Pak Menteri Pertanian itu juga bekas PPL (penyuluh pertanian lapangan), saya juga tiap hari masuk ke sawah ke desa untuk bertanya kepada petani. Problemnya memang di tahun tahun terakhir ini memang semuanya mengeluhkan para petani urusan pupuk," tandas Presiden Jokowi.

"Urusan pupuk akan menjadi fokus Menteri Pertanian dan akan kita selesaikan," sambungnya.


Berita Terkait :