Pemerintah Rakor Pengamanan Natal dan Tahun Baru

M. Isa | Kamis, 07/12/2023 21:42 WIB
Pemerintah Rakor Pengamanan Natal dan Tahun Baru Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menghadiri Rapat Koordinasi Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang diselenggarakan Polri di Jakarta, Kamis, 7 Desember 2023.

“Kami terus berkoordinasi secara intensif terkait kebijakan-kebijakan yang akan dikeluarkan, dengan berbagai kementerian dan lembaga maupun stakeholder terkait. Semoga pergerakan masyarakat di masa libur Nataru bisa terlaksana secara tertib, lancar, serta selamat, sebagaimana yang kita harapkan bersama,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Menhub Budi menjelaskan bahwa sejumlah kebijakan telah disiapkan, khususnya untuk mengantisipasi lonjakan pergerakan masyarakat dan perubahan cuaca di masa libur Nataru.

“Mulai dari melakukan survei, penyiapan sarana dan prasarana transportasi, melakukan inspeksi (ramp check) untuk memastikan kelaikan sarana dan prasarana transportasi, serta menyiapkan antisipasi terjadinya cuaca ekstrem dan keadaan darurat,” jelasnya.

Selain itu, imbuh Menhub Budi, sejumlah kebijakan juga dikoordinasikan secara intensif, misalnya terkait manajemen rekayasa lalu lintas di jalan tol maupun non tol, manajemen rest area, pembatasan angkutan barang, pengendalian pasar tumpah, pemanfaatan jembatan timbang sebagai rest area, serta sosialisasi keselamatan berkendara.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Asisten Operasi Panglima TNI Rachmad Jayadi, Wamen Parekraf Angela Tanoesoedibjo serta pejabat lainnya.


Berita Terkait :