Pemkot Rehabilitasi dan Normalisasi Embung dan Saluran Air di Kota Tangerang

M. Isa | Selasa, 05/12/2023 20:24 WIB
Pemkot Rehabilitasi dan Normalisasi Embung dan Saluran Air di Kota Tangerang Normalisasi embung di Kota Tangerang (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang terus melakukan upaya rehabilitasi dan normalisasi terhadap embung, turap, dan saluran air di Kota Tangerang.

“Akhir-akhir ini, kami terus melakukan rehabilitasi dan normalisasi di banyak titik lokasi di seluruh Kota Tangerang. Seperti, kami menerjunkan mini spider backhoe untuk dimanfaatkan dalam pembuatan crossdrain untuk mengantisipasi adanya genangan dan sumbatan air ketika hujan datang,” ujar Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono di Tangerang, Selasa, 5 Desember 2023.

Menurut Wicaksono, Dinas PUPR Kota Tangerang juga telah mulai mengonsolidasikan petugas lapangan untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan selama hujan lebat yang akhir-akhir ini melanda Kota Tangerang.

“Tercatat, Dinas PUPR Kota Tangerang telah menyiapkan ratusan petugas lapangan yang didistribusikan ke 13 kecamatan di Kota Tangerang,” imbuhnya.

Selain mengoordinasikan tim atau petugas di lapangan, pihaknya juga menyiapkan segala infrastruktur yang bisa dimaksimalkan untuk menghadapai musim penghujan ini, “Serta terus mendorong partisipasi masyarakat dalam melakukan pemeliharaan sehari-hari dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar,” tambahnya.

“Dinas PUPR Kota Tangerag telah menjamin keberadaan 12 embung dan 6 situ dapat difungsikan secara optimal untuk mengantisipasi terjadinya banjir di Kota Tangerang,” sambungnya.