Ke Aceh, Gus Imin Ziarah ke Makam Syiah Kuala

Rahmad Novandri | Selasa, 05/12/2023 13:42 WIB
Ke Aceh, Gus Imin Ziarah ke Makam Syiah Kuala Gus Imin berziarah ke Makam Syekh Abdurrauf bin Ali Al Fansury As Singkili di Kota Banda Aceh, Selasa (5/12). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Calon wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Imin melanjutkan agenda kampanye ke Provinsi Aceh, Selasa, 5 Desember 2023. Mengawali agenda kampanye hari ini, Gus Imin berziarah ke makam Syekh Abdurrauf bin Ali Al Fansury As Singkili di Makam Syiah Kuala, Kota Banda Aceh.

"Alhamdulillah saya bisa berziarah ke Syekh Abdurrauf As Singkili. Beliau adalah mufti pimpinan ulama dari kerajaan Aceh Darussalam," kata Gus Imin usai berziarah.

Gus Imin mengungkapkan bahwa Syekh Abdurrauf merupakan seorang penerjemah Alquran hingga pembawa thoriqat Satariyah ke Tanah Air. "Beliau adalah penerjemah Alquran dalam bahasa Melayu yang pertama di dunia. Syekh Abdurrauf As Singkili ini juga yang membawa thoriqat Satariyah," terangnya.

"Thoriqat ini menjadi cara pandang jalan hidup yang nyambung dengan saya dengan para ulama-ulama di seluruh Indonesia. Di mana thoriqoh adalah jalan menuju Tuhan yang Maha Kuasa, jalan menuju Allah Swt," tambah Gus Imin.

Gus Imin yang didampingi Ketua DPW PKB Aceh, Irmawan serta unsur pimpinan DPP PKB bersyukur bisa berziarah dan mendoakan kelancaran perjuangan pasangan AMIN (Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar). 

"Bersyukur dengan harapan kita berdoa semoga beliau diterima seluruh amal ibadahnya dan kemudian kita mendapatkan berkah dari beliau untuk selanjutnya agar perjuangan AMIN di seluruh Indonesia disukseskan oleh Allah Swt," tuturnya.

Sekadar informasi, Seorang Penjaga makam, Tengku Abdullah Wahid mengatakan bahwa Makam Syiah Kuala merupakan makam ulama besar Ahlussunnah wal jamaah, bahkan namanya termasyhur dimana-mana. 

"Syiah Kuala bukan nama asli beliau, karena tinggal di kampung kuala diberilah julukan Syiah Kuala, nama asli beliau Tengku Haji Syekh Abdurauf bin Ali Alfansury As Singkili. Beliau lahir di Singkil maka ada kata singkili yang bermaksud lahir di Singkil, namun berdarah Yaman," kata Tengku Abdullah Wahid dalam keterangannya.