Gus Imin Ingin Perbanyak Pasar Tradisional, ini Alasannya

Rahmad Novandri | Senin, 04/12/2023 14:28 WIB
Gus Imin Ingin Perbanyak Pasar Tradisional, ini Alasannya Gus Imin menyapa para pedagang di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, Senin (4/12). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Calon wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar mengunjungi Pasar Raya Kota Padang, Senin, 4 Desember 2023 pagi. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka cek ketersediaan produksi hingga menyerap aspirasi para pedagang pasar. 

"Saya datang ke Pasar Raya Padang didampingi Ketua IKAPPI - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia, melakukan checking, satu stok pangan nasional yang sedang menjadi masalah dan selalu terulang-ulang menjadi masalah adalah kenaikan harga bahan pokok salah satunya gula, beras, dan cabe yang biasa fluktuatif," kata Gus Imin, sapaan akrabnya, dalam keterangannya usai mengunjungi Pasar Raya Padang.

Kedua, terang Gus Imin, ada masalah daya beli masyarakat yang menurun. "Dua problem ini akan kita atasi dengan dua hal, pertama kita harus punya stok pangan yang memadai dengan cara pemerintah harus punya desain pangan nasional. Triwulan pertama kedua ketiga keempat harus sudah di desaign dengan baik," terangnya. 

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga menyampaikan pesan para pedagang bahwa Pasar Tradisional adalah Universitasnya masyarakat. "Pasar tradisional itu Universitasnya masyarakat. Di sini terjadi transaksi sekaligus saling belajar, saling berbagi pengalaman," tuturnya.

Karena itu, pasangan Anies Baswedan ini mengungkapkan, para pedagang pasar meminta pemerintah untuk selalu menjaga kebersihan, perawatan lingkungan sekitar pasar. Sehingga, tambah Gus Imin, servis terhadap pasar kepada pedagang itu bisa memadai. 

Lebih lanjut, Gus Imin mengimbau agar pemerintah segera menyelesaikan pembangunan Pasar Tradisional yang masih mandek. "Pemerintah saya kira harus siap untuk itu. Kita juga siap, di Sumatera Barat ini banyak pembangunan Pasar Tradisional yang mandek (berhenti). Ini sudah sampai pada fase 1-7. Akan kita bangun lagi secepatnya pasar-pasar fase 2-6 yang harus segera kita bangun kita siapkan segera," ujar Gus Imin.

"Ya pasti kita siapkan kebersihan yang memadai, sarana dagang yang memungkinkan para pedagang lebih nyaman, MCK yang cukup," ucap Wakil Ketua DPR RI ini.