Bincang Santai Bareng UMKM di Taman Bungkul, Gus Imin: Akses Permodalan Harus Dipermudah

Rahmad Novandri | Rabu, 29/11/2023 15:50 WIB
Bincang Santai Bareng UMKM di Taman Bungkul, Gus Imin: Akses Permodalan Harus Dipermudah Abdul Muhaimin Iskandar (Cawapres RI). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Para pelaku UMKM tetap stabil disaat ekonomi nasional dalam tren penurunan. 

Akan tetapi, akses permodalan untuk para pelaku UMKM belum maksimal karena proses perizinan hingga ketersediaan bahan mentah masih terbatas. Untuk itu, ke depan para pelaku UMKM harus menjadi perhatian utama pemerintah agar UMKM tetap tumbuh dan eksis di Tanah Air.

Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Imin mendukung penuh kemudahan akses bagi pelaku UMKM. Karena, menurutnya, UMKM yang jumlahnya mencapai 67 juta berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM itu sangat penting bagi kemajuan ekonomi nasional.

"UMKM harus dikasih modal lebih cepat lebih mudah, akses pengembangan bisnisnya di bantu oleh pemerintah," ujar Gus Imin saat berkunjung ke Taman Bungkul, Wonokromo, Surabaya, Selasa, 28 November 2023 malam.

Perhatian serius Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra ini tak lepas dari aspirasi yang disampaikan para pelaku UMKM. Mereka meminta pemerintah tidak mempersulit permodalan UMKM yang telah menyerap jutaan tenaga kerja tersebut. 

Sekadar informasi, Gus Imin mengawali kampanye Pilpres dengan melakukan sejumlah agenda di Jawa Timur. Sebelumnya, Gus Imin meminta doa dan restu ibunya, Nyai Muhassonah Hasbulloh di Denanyar, Jombang, Jawa Timur.