Cegah DBD, Dinkes Kota Tangerang Gencarkan Satu Rumah Satu Jumantik

M. Isa | Selasa, 21/11/2023 16:54 WIB
Cegah DBD, Dinkes Kota Tangerang Gencarkan Satu Rumah Satu Jumantik ilustrasi nyamuk DBD (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menggencarkan penerapan Satu Rumah Satu Juru Pemantau Jentik (Jumantik). Hal ini dilakukan untuk menekan angka penyakit demam berdarah jelang musim penghujan di Kota Tangerang.

“Kota Tangerang secara perlahan sudah mulai memasuki musim penghujan. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menekan dan mencegah terjadinya kasus DBD. Salah satunya dengan menerapkan Satu Rumah Satu Jumantik,” ungkap Kepala Dinkes, Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni di Tangerang, Selasa, 21 November 2023.

Dini menjelaskan bahwa Satu Rumah Satu Jumantik merupakan program dimana satu rumah itu harus ada agent of change untuk mensosialisasikan dan menggerakan anggota keluarga melakukan PSN 3M Plus, memeriksa tempat perindukan nyamuk di lingkungan rumah, mengisi kartu pemeriksaan jentik nyamuk, memberikan larvasida pada tempat penampungan air yang susah untuk dikuras, memeriksa hingga memberantas tempat perindukan nyamuk di lingkungan rumah.

“Selain itu semua, juga bertindak sebagai agent of change dalam hal perilaku hidup bersih dan sehat. Jadi, ada pelopor untuk mencotohkan dan mengingatkan upaya-upaya pencegahan DBD,” jelas Dini.

Menurut Dini, DBD tidak hanya menyerang pada musim hujan, pada musim kemarau pun potensi seseorang terserang DBD masih ada, belum lagi Indonesia adalah negara endemis DBD.

“Hal itu bisa terjadi ketika seseorang tidak melakukan perilaku hidup sehat, seperti jarang bersih-bersih dan terbiasa menggantungkan pakaian bekas pakai,” tukasnya.


Berita Terkait :