Hari Pahlawan, Gus Imin Ziarah ke Makam KH As`ad Syamsul Arifin di Situbondo

Rahmad Novandri | Jum'at, 10/11/2023 16:20 WIB
Hari Pahlawan, Gus Imin Ziarah ke Makam KH As`ad Syamsul Arifin di Situbondo Gus Imin ziarah ke makam Pahlawan Nasional, KH Asad Syamsul Arifin di Situbondo, Jawa Timur, Jumat (10/11). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar berziarah ke makam pahlawan nasional, KH As'ad Syamsul Arifin di Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur, Jumat, 10 November 2023. Gus Imin, sapaan karibnya, mengatakan bahwa sosok Kiai As'ad adalah pemimpin dan pejuang sejak sebelum Indonesia merdeka. 

"Hari ini saya ziarah ke makam Pahlawan nasional, KH As'ad Samsul Arifin Sukorejo, Situbondo. Beliau adalah pahlawan nasional yang bukan saja meletakkan dasar-dasar keagamaan, kemasyarakatan, dan keumatan," kata Gus Imin usai ziarah. 

Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan ini mengungkapkan, peran Kiai As'ad sangat besar untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Karena, lanjut Gus Imin, Kiai As'ad turut memimpin masyarakat untuk melawan penjajah kala itu.

"Beliau juga mendidik dan menyiapkan generasi dari jauh sebelum kemerdekaan. Bahkan, ketika kita mengalami penjajahan beliau lah yang memimpin masyarakat untuk terus menjadi bagian dari kekuatan bangsa yang pada satu titik tertentu berjuang mengusir penjajah," ungkapnya. 

Untuk itu, pada momentum Hari Pahlawan ini Gus Imin mengajak semua pihak agar terus mengenang jasa para pahlawan bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia hingga hari ini. 

Kepahlawanan, ujar Gus Imin, menjadi momentum ketika 10 November menjadi Hari Pahlawan. Di mana disitu puncak dari Resolusi Jihad yang menjadikan seluruh umat Islam untuk angkat senjata dalam radius 80 kilometer.

"Resolusi jihad telah memberikan makna bahwa kita harus merdeka terus, kita memiliki kekuatan, dan kita memiliki kekayaan bangsa yang bisa menjadi bangsa kuat, mandiri, berdaulat sekaligus memakmurkan dan mensejahterakan bangsa sendiri," tegas Gus Imin. 

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menuturkan bahwa di tangan para pemimpin-pemimpin pahlawan tersebut, rakyat bersatu mengusir penjajah. "Puncaknya 10 November menjadi momentum penting bahwa di titik itu perlawanan tiada akhir dan akhirnya terwujud menjadi kemerdekaan yang sejati," ucap Gus Imin.

Gus Imin pun mengajak masyarakat untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan semangat mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur. 

"Selamat Hari Pahlawan. Ya Allah, ampunilah dan terima lah seluruh amal ibadah para pahlawan nasional kita. Mari kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dari generasi ke generasi dari seluruh zaman untuk tetap mewujudkan Indonesia berdaulat, mandiri, adil, makmur dan sejahtera," pungkas Gus Imin.